Lapres Oksidasi Siklus Krebs

November 7, 2018 | Author: Julita | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

laporan...

Description

1. PENDA ENDAH HULU ULUAN 1.1 1.1.

Tinja njauan uan Pusat usata aka

Di dalam siklus krebs terjadi 2 metabolisme metabolisme yaitu anabolisme anabolisme dan katabolisme. katabolisme. Reaksi anabol anabolism ismee adalah adalah reaksi reaksi pemecah pemecahan an suatu suatu senyawa senyawa sederh sederhana ana menjad menjadii senyawa senyawa komp komple leks ks,, misal misalny nyaa foto fotosin sinte tesis sis.. Seda Sedang ngka kan n reaks reaksii kata katabo boli lism smee adala adalah h reak reaksi si  pemecahan suatu senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana, misalnya respirasi. Respirasi dapat didefinisikan sebagai proses yang menghasilkan energi kimia ketika molekul organik dioksidasi. Dimana proses tersebut terjadi di dalam sel dan dapat disebu disebutt respira respirasi si intern internal, al, jaringa jaringan n atau atau sel. Jika Jika dalam dalam proses proses tersebu tersebutt dibutu dibutuhka hkan n oksigen, maka disebut respirasi aerobik, tetapi jika respirasi terjadi tanpa menggunakan oksigen, disebut respirasi anaerobik (reen et al., al., !"##$.

Siklus krebs adalah suatu urutan daur reaksi kimia dalam mitokondria. %ama siklus krebs diambil dari nama ahli biokimia yang menemukannya untuk pertama kali. Siklus krebs disebut juga siklus asam sitrat karena menggambarkan langkah pertama dari siklus tersebut yaitu penyatuan asetil ko& dengan asam oksaloasetat untuk membentuk  asam sitrat ('imball, !""2$.

Siklus 'rebs atau siklus asam sitrat atau siklus asam trikarboksilat ialah suatu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel, yaitu di dalam mitokondria. Siklus ini  bertujuan untuk menguraikan asetil'o& menjadi karbondioksida ()* 2$ dan ekui+alen  pereduksi (hidrogen atau elektron$. &setil'o& yang diuraikan dapat berasal dari oksidasi karbohidrat , lemak, dan protein. Dengan demikian, daur krebs dapat dianggap sebagai sebagai jalan jalan metabo metabolism lismee bersam bersama. a. kui+a kui+alen len peredu pereduksi ksi yang yang dihasil dihasilkan kan dengan dengan mudah dapat dipindahkan ke oksigen melalui rantai pernapasan sehingga terbentuk  -2*. ada reaksireaksi semacam ini akan dihasilkan energi dalam bentuk &/, yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk berbagai proses dalam tubuh (Simamora, !""0$

1itokondria mengandung enimenim yang melakukan oksidasi, mensintesis &/ dan mengatur mengatur 3peredaran4 3peredaran4 energi energi pada sel.Jadi, sel.Jadi, mitokondri mitokondriaa mengubah mengubah energi energi potensial potensial  berbagai bahan makanan menjadi energi potensial yang disimpan disi mpan di dalam &/ &/.nergi .nergi &/ tersebut digunakan oleh sel untuk melakukan berbagai kegiatan.Sel saraf, sel otot, !

2

dan sel sekresi. 'esemuanya mengandung banyak mitokondria yang terdapat di daerah daerah sel yang masingmasing terlibat dalam transmisi impuls listrik, kontraksi, dan sekresi ('imball, !"#2$.

5arutan buffer  adalah larutan yang tahan panas terhadap perubahan p- apabila ditambahkan larutan asam atau basa. 5arutan buffer  berfungsi untuk melarutkan kotoran yang ada di dalam endapan enim tersebut. Selain itu juga, larutan buffer   juga dapat mencegah denaturasi enim dan mencegah kehilangan fungsi biologisnya (6o7, !""!$.

5arutan buffer sukrosa berfungsi sebagai larutan penyangga yang tahan terhadap  perubahan p- dengan penambahan asam atau basa. 5arutan seperti itu digunakan dalam  berbagai percobaan biokimia dimana dibutuhkan p- yang terkontrol dan tepat ( 6ardia, !""2 $.

5arutan asam suksinat merupakan larutan yang dapat menambah tingkat kehilangan warna larutan D)8 atau membuat larutan semakin memudar. &sam suksinat berfungsi untuk mempercepat reaksi suatu larutan (9inarno, !"":$.

D)8 merupakan at yang apabila teroksidasi dapat membuat suatu larutan berubah menjadi warna biru dan akan kehilangan warnanya jika tereduksi. Selain itu juga, D)8 berfungsi sebagai indikator untuk mengetahui perubahan warna yang terjadi setelah reaksi dari suatu larutan ( reen, et al., !"## $.

1.2.

Tujuan Praktikum

/ujuan dilakukannya praktikum ini adalah untuk memahami oksidasi pada proses Siklus 'rebs, serta mengetahui kadar gula dalam bahan yang berupa buahbuahan. 2. MATERI METODE

2.1. Materi 2.1.1. Alat

;

&lat yang digunakan dalam praktikum ini adalah tabung sentrifuge, sentrifuge, batang kaca, gelas ukur, pipet +olume, pompa pilleus, beaker glass, tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas arloji, timbangan analitik, baskom, mortar dan alu.

2.1.2.

Bahan

uadestilata. uadest diambil sebanyak !: ml dimasukkan kedalam tabung reaksi dan di beri label pada tanda teranya. &>uadest yang ada pada tabung reaksi dibuang, endapan hasil  sentrifuge  dimasukkan kedalam tabung reaksi tersebut, dan endapan tersebut ditambhakan dengan a>uadest hingga tanda tera yang telah dilabeli, kemudian ditambhakan lagi dengan 0,: ml D)8. /abung ditutup menggukanan ibu jari dan diamati perubahan warna dari menit ke 0 sampai menit ke 20.

"

View more...

Comments

Copyright © 2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF